Ikuti Kami :  
    Buat Perjanjian
  081905506159
  7B167EBF
Hubungi Kami
021 5347411
    Lokasi Kami
RS.Medika Permata Hijau
Jl. Raya Kebayoran Lama No. 64
Kebon Jeruk. Jakarta Barat
 
Ikuti Kami :  
    Buat Perjanjian
  081905506159
  7B167EBF
Hubungi Kami
021 5347411
    Lokasi Kami
RS.Medika Permata Hijau
Jl. Raya Kebayoran Lama No. 64
Kebon Jeruk. Jakarta Barat
  • Beranda
  • /
  • Berita
  • /
  • Detail Berita
BERITA


Daya Tahan Tubuh dan Kecerdasan Anak

Senin, 6 Oktober 2014

Oleh : Dr. Tania Nilamsari SpA

Daya tahan tubuh merupakan kemampuan fisik, yang berfungsi untuk membentengi tubuh dari kuman. Didalam tubuh kita terdapat mekanisme perlindungan yang dirancang untuk mempertahankan tubuh kita terhadap jutaan bakteri, mikroba, virus, racun, parasit, polutan dan sel kanker yang setiap saat menyerang tubuh.  Setiap hari tubuh diserang berbagai organisme asing seperti virus, bakteri, protozoa, dan parasit. Dan bila berhasil menembus pertahanan tubuh dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh menjadi infeksi. Salah satu bentuk pertahanan tubuh manusia adalah dengan suatu sistem pertahanan tubuh yang disebut dengan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.
Kunci kepada kehidupan sehat adalah sistem imun yang kuat dan sehat . Sistem imun merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang canggih, berfungsi mengenali atau mengidentifikasi senyawa asing yang masuk dalam tubuh. Senyawa asing yang berpotensi membahayakan tubuh manusia ini nantinya akan dilawan oleh sistem tersebut.
Setiap anak memiliki daya tahan tubuh yang sudah tersedia sejak lahir atau alamiah (innate) dan daya tahan tubuh yang didapatkan (adaptif). Daya tubuh alami terdapat pada kulit, saluran napas, dan saluran cerna. Sedangkan daya tubuh adaptif terdapat pada jaringan dan organ tubuh tertentu yang saling dihubungkan dengan sistem sirkulasi darah dan getah bening.

Faktor berhubungan dengan daya tahan tubuh
1.    Makanan kaya nutrisi

2.    Air Susu Ibu


3.    Imunisasi


Kecerdasan


Perkembangan otak manusia berkembang pesat sejak janin masih dalam kandungan, hingga bayi berusia tiga tahun. Setelah itu perkembangan otak melambat.  Anak di bawah usia tiga tahun yang mengalami kekurangan nutrisi, akan menyebabkan tingkat kecerdasannya tidak sebaik anak yang mendapat kecukupan gizi.   Bayi dan balita yang terbiasa mengonsumsi makanan sehat, nilai IQ-nya lebih tinggi saat mereka berusia 8 tahun.  Sedangkan anak-anak yang sering mengonsumsi junk food nilai IQ-nya dua poin lebih rendah.  Anak harus eksplorasi lingkungannya untuk belajar dan belajar. Eksplorasi ini membuat anak rentan terpapar partikel seperti kuman, virus dan lainnya Orangtua dapat membantu meningkatkan imunitas anak dengan nutrisi yg tepat. Konsumsi makanan bergizi berhubungan erat dengan daya tahan tubuh. Sistem imunitas yg baik berbanding lurus dengan kesehatan dan kecerdasan anak  Agar tumbuh dan berkembang optimal, anak tak hanya perlu stimulasi tetapi perlu sehat.
Kecerdasan memang memiliki banyak komponen, namun pengaruh kebugaran dengan kecerdasan anak amat signifikan dan bermakna. Pengaruh kebugaran dengan kecerdasan anak memang mempunyai hubungan timbal balik, saling mempengaruhi, saling berinteraksi, saling memperkuat, dan saling bersinergi. Anak yang memiliki daya tahan tubuh yang baik umumnya lebih aktif, juga memiliki keinginan belajar dan mengeksplorasi dunianya lebih baik dari anak-anak dengan daya tahan tubuh rendah.
Cerdas adalah kata yg identik dengan tinggi pengetahuan seseorang dalam sesuatu hal. Cerdas sering dihubungkan dengan ilmu pengetahuan dan orangtua sering merasa cemas bila pencapaian anak di sekolah kurang


Menurut Prof Howard Gardner , profesor dari Harvard Univ. USA terdapat 9 aspek kecerdasan majemuk (multiple intelligence)
1.    Kecerdasan musikal
2.    Kecerdasan intrapersonal
3.    Kecerdasan interpersonal (sosial)
4.    Kecerdasan visual spasial
5.    Kecerdasan natural
6.    Kecerdasan kinestetik (tubuh)
7.    Kecerdasan moral
8.    Kecerdasan verbal linguistik
9.    Kecerdasan logika matematika


Pelukan dan kecerdasan


Penelitian dari Univ of North Carolina menyatakan bahwa pelukan antara orang tua dan anak dapat meningkatkan kecerdasan otak, keluranya hormon oksitosin yg mampu memberikan perasaan tenang pada anak Pelukan bahkan dikatakan peneliti lain lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang sehingga anak merasa dicintai dan dihargai (Kathleen Keating --- The Hug Therapy). Pelukan 8 kali sehari memberikan energi baru, kedekatan dan kekuatan getaran batin . Anak menjadi mudah memunculkan kasih sayang terhadap sesama

Beberapa cara meningkatkan kecerdasan


1.    Kepercayaan diri selalu optimis, pengalaman berhasil, ikut kegiatan kelompok
2.    Kembangkan rasa ingin tahu membaca, mengamati.
3.    Kembangkan disiplin dan tanggung jawab belajar memahami aturan dan nilai yg benar
4.    Komunikasi terbuka dengan anak anak perlu pengarahan agar anak merasa nyaman bercerita
5.    Latih mengambil keputusan





KPJ Other Hospital

KPJ Johor Specialist Hospital

KPJ Ipoh Specialist Hospital

KPJ Ampang Puteri Specialist Hospital

KPJ Damansara Specialist Hospital

KPJ Selangor Specialist Hospital

KPJ Tawakkal Hospitals

Kuantan Specialist Hospital

KPJ Penang Specialist Hospital

KPJ Other Hospital

Kedah Medical Centre

KPJ Perdana Specialist Hospital

Kuching Specialist Hospital

KPJ Seremban Specialist Hospital

Damai Specialist Centre

Sentosa Medical Centre

KPJ Kajang Specialist Hospital

Taiping Medical Centre

KPJ Other Hospital

Kluang Utama Specialist Hospital

KPJ Sabah Specialist Hospital

Sibu Specialist Medical Centre

KPJ Klang Specialist Hospital

KPJ Pasir Gudang Specialist Hospital

KPJ Tawakkal Health Centre

Kontak Info

Jl. Raya Kebayoran Lama No.64 (Permata Hijau)

Jakarta Barat

Kode Pos : 11560

Telp : (021) 530 5288

         (021) 534 7411

Fax : (021) 530 5291

Email : info_rsmph@yahoo.com  

Email Daftar Online : rsmph.admission@gmail.com