Ikuti Kami :  
    Buat Perjanjian
  081905506159
  7B167EBF
Hubungi Kami
021 5347411
    Lokasi Kami
RS.Medika Permata Hijau
Jl. Raya Kebayoran Lama No. 64
Kebon Jeruk. Jakarta Barat
 
Ikuti Kami :  
    Buat Perjanjian
  081905506159
  7B167EBF
Hubungi Kami
021 5347411
    Lokasi Kami
RS.Medika Permata Hijau
Jl. Raya Kebayoran Lama No. 64
Kebon Jeruk. Jakarta Barat
  • Beranda
  • /
  • Dokter Kami
  • /
  • Specialty & Consultation
Spesialis Anak


  • Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas ) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan ( UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, pasal 1). Dokter spesialis yang memiliki kompetensi menangani kesehatan anak, adalah dokter spesialis anak.


    Ciri khas dari anak adalah seorang seorang mengalami tumbuh kembang, sejak dari dalam kandungan, bayi baru lahir, usia bawah 5 (lima) tahun, usia sekolah, dan usia remaja. Masing-masing kelompok usia memiliki pola tumbuh kembang yang spesifik, memiliki masalah kesehatan berbeda, yang menyebabkan berbeda pula penangannya. Seribu hari kehidupan pertama, berpengaruh besar terhadap kualitas hidup anak di kemudian hari. Pemantauan bayi dalam kandungan oleh dokter spesialis obstetri-ginekologi, proses persalinan, ASI Eksklusif dengan Inisiasi Menyusui Dini (IMD), pemberian makanan pendamping ASI yang memadai, pemantauan pertumbuhan dengan pemantauan berat badan, panjang badan, lingkar kepala, merupakan evaluasi pertumbuhan struktur (jasmani) anak. Bersamaan pemantauan fisik, dipantau juga perkembangan motorik kasar, motorik halus, sensorik, sosial emosional dan berbicara dengan mempergunakan standar. Pada dasarnya seorang dokter spesialis anak, menghantarkan anak menjadi seorang remaja yang sehat, sehingga masuk usia dewasa yang juga sehat dan produktif baik sosial maupun ekonomi ( Uu No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, pasal 136 ayat 1). Termasuk didalamnya reproduksi remaja terbebas dari berbagai gangguan kesehatan yang menghambat kemampuan menjalani kehidupan reproduksi secara sehat (UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan, pasal 136 ayat 2).

    Pencegahan lebih baik dari pada pengobatan. Pencegahan primer, pencegahan sekunder dan pencegahan tertier menjadi upaya utama dalam  upaya mempertahankan anak (pasien RS MPH) tetap pada jalur tumbuh kembang yang baik.


    Pencegahan primer, meliputi upaya mencapai status gizi baik, imunisasi dasar dan dilanjutkan dengan imunisasi ulang, pemantauan tumbuh kembang, kesehatan lingkungan, edukasi sesuai dengan masalah yang dijumpai dan upaya lain promotif.


    Pencegahan sekunder dilakukan dalam bentuk diagnosis dini, bila diketahui adanya penyimpangan kesehatan seorang bayi atau anak, dengan melakukan intervensi atau pengobatan yang segera diberikan untuk koreksi secepatnya. Memberi pengobatan sesuai diagnosis yang tepat adalah suatu upaya pencegahan sekunder agar tidak terjadi komplikasi yang tidak diinginkan, yaitu meninggal atau meninggalkan gejala sisa, cacat fisik maupun mental. Keberhasilan pencegahan sekunder, selalu harus diikuti dengan edukasi dan tindakan medis diperlukan untuk tidak berulangnya gangguan/sakit yang sama.


    Sedangkan pencegahan tertier adalah membatasi berlanjutnya gejala sisa dengan upaya pemulihan agar seorang penderita  bisa hidup mandiri tanpa bantuan orang lain. Sebagai contoh rehabiltasi medis pada penderita anak pasca cidera kecelakaan, penderita lumpuh layu pasca penyakit  poliomielitis, dsb.

    Pelayanan medis terhadap anak, dilakukan oleh dokter spesialis anak yang profesional, dan yang menjunjung dan mematuhi Kode Etik Kedokteran Indonesia (Kodeki) Tahun 2012, dan Panduan Etik Dan Perilaku Dokter Spesialis Anak Indonesia (PEP-DSAI) Tahun 2014. Namun sesuai klasifikasi dan ketersediaan sumber daya Rumah sakit Medika Permata Hijau (RS MPH) , pelayanan yang diberikan terbatas, sesuai dengan ketentuan UU No. 29 Tahun 2004 Tentang Praktek Kedokteran, pasal  44 ayat 2.

     

    1. Penangan bayi sejak dilahirkan sampai usia remaja ( 18 tahun).
    2. Pemantauan tumbuh kembang dan imunisasi.
    3. Penyakit infeksi yang menyerang berbagai organ anak.
    4. Penyakit-penyakit khusus yang menyerang organ, misalnya pada otak, saluran cerna, hati, sistem pernafasan, sistem saluran kencing, darah, berbagai gangguan alergi, endokrin.
    5. Masalah khusus remaja.
    1. Pengobatan medikamentosa (yang tidak memerlukan perawatan intensif).
    2. Rehab Medis, bekerja sama dengan Dokter Spesialis Rehab Medik dan Unit Rehabilitasi Medis.
    3. Tindakan bedah, bekerja sama dengan dokter spesialis bedah.




KPJ Other Hospital

KPJ Johor Specialist Hospital

KPJ Ipoh Specialist Hospital

KPJ Ampang Puteri Specialist Hospital

KPJ Damansara Specialist Hospital

KPJ Selangor Specialist Hospital

KPJ Tawakkal Hospitals

Kuantan Specialist Hospital

KPJ Penang Specialist Hospital

KPJ Other Hospital

Kedah Medical Centre

KPJ Perdana Specialist Hospital

Kuching Specialist Hospital

KPJ Seremban Specialist Hospital

Damai Specialist Centre

Sentosa Medical Centre

KPJ Kajang Specialist Hospital

Taiping Medical Centre

KPJ Other Hospital

Kluang Utama Specialist Hospital

KPJ Sabah Specialist Hospital

Sibu Specialist Medical Centre

KPJ Klang Specialist Hospital

KPJ Pasir Gudang Specialist Hospital

KPJ Tawakkal Health Centre

Kontak Info

Jl. Raya Kebayoran Lama No.64 (Permata Hijau)

Jakarta Barat

Kode Pos : 11560

Telp : (021) 530 5288

         (021) 534 7411

Fax : (021) 530 5291

Email : info_rsmph@yahoo.com  

Email Daftar Online : rsmph.admission@gmail.com